Gaya HidupKeuangan

Agar Tidak Boros, Berikut Cara Bijak Mengatur Gaji Di Awal Bulan

Banyak orang yang kesulitan untuk mengatur pendapatan yang di dapatkan setiap bulannya. Hal ini dikarenakan perilaku konsumtif yang tidak bisa dikontrol, apalagi setelah melihat jumlah rekening yang bertambah. Tidak jarang mereka kehabisan uang di pertengahan bulan, padahal belum semua kebutuhan terpenuhi. Oleh sebab itu perlu strategi khusus untuk mengelola gaji di awal bulan. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan.

Kelola Keuangan dengan Baik dan Mulai Berhemat

1. Buat Rancangan Anggaran

Setelah menerima gaji ada baiknya langsung membuat rancangan anggaran bulanan. Mulailah membuat daftar pengeluaran untuk kebutuhan primer sekaligus kebutuhan sekunder. Kemudian sisakan sedikit pendapatan yang dialokasikan menjadi suatu tabungan khusus. Anda bisa mencatat rancangan ini di notebook atau download aplikasi keuangan di smartphone. Ketika dirasa pengeluaran melebihi batas, anda bisa langsung cek lewat ponsel pribadi.

2. Dahulukan Hutang dan Cicilan

Apabila anda memiliki utang atau sejumlah tagihan yang harus dibayarkan. Maka lunasi terlebih dahulu setelah menerima gaji, usahakan tidak ditunda sedikit pun. Supaya beban pinjaman berkurang secara perlahan, dan tidak membuat susah di kemudian hari. Melunasi beberapa hutang dapat membantu anggaran menjadi lebih sehat. Namun ada baiknya menghindari hutang atau segala bentuk cicilan, jika tidak ada kebutuhan yang benar-benar mendesak.

3. Ketatkan Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

Setelah menerima gaji di awal bulan segeralah membuat skala prioritas kebutuhan. Cobalah cek kembali berapa pengeluaran harian bulan sebelumnya. Sehingga anda bisa memperkirakan mana yang perlu dibeli atau tidak dibutuhkan. Tujuannya untuk menekan pendapatan supaya aman tersimpan sampai akhir bulan. Buang jauh-jauh sifat konsumtif yang sekiranya merugikan. Lalu pilah kebutuhan sesuai dengan harga dan manfaat untuk sehari-hari.

Sebagai seorang pegawai biasanya menerima pendapatan di awal bulan sesuai kesepakatan. Inilah yang kerap menjadi permasalahan, sebab sering lupa jika masih ada 30 hari yang perlu dipenuhi kebutuhannya. Kebanyakan para pegawai sudah kehabisan gaji pada pertengahan bulan, lalu kebingungan untuk memenuhi sisanya. Oleh sebab itu anda disarankan untuk membuat perencanaan keuangan, supaya alur pengeluaran menjadi lebih teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button