ReviewsTeknologi

Cari Tahu Penyebab Smartphone Boros Baterai, Yuk!

Baterai merupakan satu dari beberapa bagian penting dalam smartphone. Karena tanpa baterai, smartphone tidak bisa dinyalakan. Oleh karena itu, Anda perlu memakai smartphone yang baterainya powerfull. Salah satu smartphone yang bisa Anda percaya perihal ketahanan baterainya adalah Realme 3.

Penyebab smartphone boros baterai

Smartphone yang cepat habis baterainya tentu saja menyusahkan. Anda akan merasa kerepotan karena harus sering mengisi daya baterainya. Selain itu, Anda akan penasaran apa penyebab baterai smartphone begitu boros. Untuk mengetahui kenapa baterai smartphone Anda cepat habis, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

1. Baterai Kuno

Smartphone keluaran lama memungkinkan memiliki performa baterai yang lambat. Semakin lama versi smartphone yang Anda miliki, maka performanya akan melemah. Baterai yang terdapat di dalam smartphone lama akan lebih boros. Anda perlu melakukan pengisian daya yang lebih sering. Untuk kasus yang lebih parah, baterai smartphone tidak akan bertambah daya saat diisi.

2. Layar Display Terlalu Cerah

Untuk Anda yang suka menampilkan layar smartphone dengan kecerahan tinggi, sebaiknya tidak lagi melakukannya. Selain bisa merusak mata, kecerahan yang terlalu tinggi pada layar juga akan menguras energi smartphone.

Terlebih jika Anda mengaktifkan Auto-Brightness, maka smartphone akan bekerja lebih keras. Saat smartphone terlalu sering menampilkan layar dengan kecerahan tinggi, maka akan membuat penggunaan baterai lebih boros.

Layar display smartphone yang di-setting dengan kecerahan tinggi akan menyebabkan kondisi baterainya melemah. Kondisi tersebut membuat baterai smartphone lebih cepat habis sehingga Anda harus sering mengisi dayanya. Jika hal ini dibiarkan, baterai smartphone tidak akan bisa diisi lagi. Jika kondisi ini terjadi, sudah saatnya Anda mengganti dengan yang baru, misalnya smartphone Realme 3.

3. Aplikasi Menumpuk di Background

Smartphone tak hanya memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi. Namun, smartphone juga membuat Anda bisa mengakses beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini membuat aplikasi-aplikasi yang sedang dibuka menumpuk di background. Menumpuknya aplikasi-aplikasi ini akan membutuhkan energi smartphone yang besar. Apalagi jika tak hanya aplikasi yang sedang running, namun juga sejumlah widget.

Jika terlalu banyak aplikasi dan widget yang beroperasi di belakang layar, maka energi smartphone akan cepat terkuras. Seiring dengan terkurasnya energi smartphone, daya baterai juga ikut terkikis. Tak heran jika daya baterai cepat habis saat sejumlah aplikasi dan widget running di background.

4. Charger Rusak

Selain faktor internal smartphone, terkurasnya daya baterai juga disebabkan oleh faktor lainnya. Faktor eksternal yang dimaksud yakni charger smartphone rusak. Jika charger smartphone rusak, ini memungkinkan pengisian daya lebih lama. Charger rusak yang digunakan terus-terusan akan menyebabkan baterai smartphone menjadi boros. Parahnya, charger rusak juga akan menimbulkan kerusakan pada baterai smartphone.

5. Suhu Ekstrim di Sekitarnya

Ketahanan baterai smartphone juga dipengaruhi oleh kondisi suhu di lingkungan sekitarnya. Udara yang ekstrim akan membuat smartphone terdampak, sehingga baterai pun ikut boros. Terlebih jika udara terlalu panas, maka smartphone akan naik suhunya. Kondisi smartphone yang mendapatkan panas berlebihan akan menguras daya baterai.

Itulah sejumlah faktor penyebab baterai smartphone Anda boros. Agar tidak sering mengisi daya baterai, ada baiknya memilih smartphone powerfull seperti Realme 3. Dengan smartphone yang mumpuni, Anda bisa memainkan smartphone lebih lama tanpa cemas akan kehabisan daya baterai.

Sumber :

  • https://www.liputan6.com/tekno/read/3164047/ini-8-penyebab-baterai-android-boros-dan-cara-mengatasinya
  • https://www.ayosemarang.com/read/2020/10/05/64828/5-penyebab-baterai-smartphone-cepat-habis
  • https://www.idntimes.com/tech/gadget/riyan-sumarno/faktor-penyebab-baterai-ponsel-boros-c1c2/13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button