Beranda Nasional Rumput JIS Diklaim Sudah Dapat Rekomendasi FIFA

Rumput JIS Diklaim Sudah Dapat Rekomendasi FIFA

263
0

Rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS) oleh Kementrian PUPR jadi polemik. Salah satu yang disorot adalah soal rumput yang digunakan di lapangan sepakbola utama di JIS.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai melakukan inspeksi bersama ahli ahli agronomi rumput di JIS menyebut rumput di lapangan utama JIS tidak memenuhi standar FIFA. Basuki mengatakan rumput JIS akan diganti demi pergelaran Piala Dunia U-17.

“Hari ini kita melihat JIS stadion kita yang sangat bagus ini. Namun kita evaluasi kira-kira kalau nanti diperiksa, dievaluasi FIFA mudah-mudahan sudah memenuhi standar itu. Salah satu yang utama rumput,” kata Basuki setelah meninjau JIS, Selasa (4/7/2023) kemarin.

Seperti diketahui, pembangunan JIS dilakukan pada zaman Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta sebagai Gubernur. Kubu Anies mengklaim rumput di JIS sudah sesuai dengan spesifikasi lapangan bola internasional. Rumput yang digunakan adalah rumput hybrid.

“Rumput yang digunakan di JIS sesuai dengan spesifikasi, itu adalah rumput hybrid yang merupakan kombinasi dari Zoysia Matrella sebanyak 95% dari Boyolali dan Sintetis Limonta sebanyak 5%,” berdasarkan data dokumen yang diterima liputanutama.com, Rabu (5/7/2023).

Data tersebut secara tegas menyebut rumput yang digunakan sudah mendapat rekomendasi FIFA. Lebih jauh, rumput lapangan bola di JIS pun diklaim materialnya sama persis seperti yang ada di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid dan Allianz Arena di Munchen.

“Rumput Hybrid tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari FIFA dan sama dengan Rumput yang digunakan di Wanda Metropolitano yang dipakai Atletico Madrid dan Allianz Arena yang digunakan Bayern Muenchen,” bunyi data tersebut.

Dijelaskan juga, selama ini tidak pernah ada temuan dari auditor tentang ketidaksesuaian spek rumput di JIS. Kubu Anies menjamin rumput di JIS sudah sesuai standar tanpa perlu pergantian rumput lagi.

“Tidak pernah ada temuan dari auditor tentang ketidaksesuaian antara spek yang direncanakan dan dipasang, sehingga bisa dipastikan bahwa secara kualitas rumput JIS sesuai dengan rekomendasi FIFA,” ungkap data tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here